Tuesday, November 6, 2012

Stopper Ganda, Mengapa?


Untuk yang biasa galatama mungkin tidak heran dng rangkaian stopper ganda, tapi yang baru kenal mungkin ada pertanyaan. atau ini hal baru buat anda. mari dibahas


diagram

keterangan:
-- : senar
O : stopper (ada 3)
[] : pelampung
/@@/ : kili - kili / swivel


Gambar diatas adalah rangkaian yang saya gunakan untuk galatama lele. kalau diperhatikan ada 2 stopper diatas pelampung, mengapa begitu? apa fungsinya?

Dalam galatama kecepatan dan ketepatan adalah kunci, stopper berubah berarti ritme strike juga berubah, lain dengan mancing harian atau kiloan, kita tidak mengejar waktu dan target banyak dalam waktu singkat, jadi ubah - ubah setting stopper mau sering - sering juga terserah.

Stopper 1 setlah maksimal kedalaman air, caranya gunakan joran aja sampai mana batasnya. dan juga berfungsi terhindarnya bergesernya stopper dari tukang serok, atau mempermudah untuk menyeting stopper nantinya kalau senar putus. karena patokan sudah ada (baca stopper 2)

Stopper 2 ini adalah stopper yang fleksibel kalau kita ingin 1 kepal dari dasar tinggal kepal dari stopper 1 dan set, begitu juga kalau mau main 2-3 jari dari dasar, asumsi menghindari lumpur yang ada. ingat-ingat posisi stopper ke 2 ini jadi waktu senar putus gak cari - cari posisi stopper dari awal lagi, cukup set stopper 1 ke maksimal kedalaman air, dan stopper ke dua seperti sebelum putus tadi

Stopper 3 kalau jarak lempar jauh turunin aja dekat kili - kili / swivel , kalau jarak lempar dekat setlah dengan tipu daya jadi kalau lapak sebelah ikut -ikutan mampuslah dia.

Mudah - mudahan tips dan trik ini membantu menambah frekuensi strike teman - teman.

Artikel ini juga dapat dibaca disini

salam strike!

No comments:

Post a Comment