Thursday, February 21, 2013

Barbless hooks

barblessBarbless, atau lebih dikenal kail tanpa ruit di kalangan pemancing adalah metode membuang kait kecil di ujung mata pancing dengan bantuan alat penjepit/tang. Tujuan awalnya adalah agar luka ikan tidak terlalu besar dan mudah untuk melepaskan dari mulut ikan. Metode ini banyak diterapkan oleh pemancing alam liar simpatisan partai CNR (Catch 'N Release).



Pada galatama lele metode ini dipakai karena dirasa sangat cocok untuk iklim politik dunia pergalatamaan *halah* karena kail akan mudah dan cepat untuk dilepas dari mulut/badan ikan serta kerusakan pada mulut ikan tidak telalu parah, sehingga umur ikan akan lebih panjang.

Dengan hilangnya ruit ini pemancing terkadang malah menyakiti ikan itu sendiri, hal lazim kalau anda melihat pemancing galatama lele menggunakan tenaga luar biasa ketika menggentak joran sampai terdengar bunyi pletak - pletok dari timah/pelampung yang mengenai atap saung. Ini mereka lakukan karena mereka takut ikan akan terlepas, padahal sebetulnya ketajaman dan fungsi mata kail itu sendiri tidak berubah, dan cukup dengan menjaga agar jangan sampai senar kendor, ikan tidak akan terlepas. Jadi untuk apa menggunakan tenaga berlebihan kala menggentakan joran.

salam strike!



No comments:

Post a Comment