Tuesday, January 1, 2013

Umpan Sederhana Murah Meriah

jangkrik
Umpan sederhana yang saya kenal adalah udang, anak ikan mas, dan terakhir jangkrik. Cuma dengan 2500 perak ketiga umpan tadi sudah dapet seplastik dan cukup untuk main 2 sesi, tapi ada kelemahan dari ketiga umpan tadi, umpan terlalu keras, apalagi kalau mereka sudah mati, untuk menjaga tetap hidup memang tidak terlalu sulit asal lingkungannya pas mereka masih tetap hidup, tapi tetap saja begitu nyantol ke kail mereka akhirnya akan mati, dan KERAS!.

Menggunakan cuka adalah salah satu trik untuk melembutkan ketiga umpan diatas, dengan merendam 1-2 jam sebelum digunakan cukup untuk melembutkan mereka plus memberikan rasa asam pada umpan, dan dua diantara umpan ini kemudian dikenal dengan UCU (udang cuka) dan JANCUK (jangkrik cuka), umpan ini sudah umum digunakan oleh beberapa anak - anak PEGAL LINU.

Seiring berjalannya waktu timbul varian dari ucu dan jancuk ini, salah satunya cuka + TRD (oplosan berbau harum untuk ikan mas dan patin), cuka + esen choteng (choya tenggiri), cuka + hike (hiu kepiting) cuka + hiteng (hiu tenggiri) atau yang lebih rumit dan tidak sederhana lagi attractan mbah gerandong.
Harga botol kecil esen sekitar 10.000 di toko - toko pancing, walaupun TRD hitungannya lebih murah 150.000 per setengah liternya, namun untuk membelinya cukup sulit karena tidak dijual bebas di toko - toko pancing.

Rumus dasar ramuan varian cuka juga cukup mudah diingat yaitu :
cuka 2 tutup minuman mineral (untuk jangkrik ternak cukup 1 tutup) esen 1 tutup jika pakai 2 macam atau lebih perbandingan yang digunakan (1:1). 

Eits tunggu dulu ada lagi yang lebih sederhana yaitu minuman energi, sebut saja yang umum dipakai adalah kuku bima anggur, cara memakainya bisa campur cuka, langsung tuang serbuknya ke umpan atau campur air alias sisa dari gelas setelah diminum pemancingnya.
selamat mencoba.

salam strike!

No comments:

Post a Comment