Tuesday, January 15, 2013

Mencampur Essence

laher
Menggunakan campuran lebih dari satu aroma dalam galatama atau biasa disebut mengoplos itu adalah hal yang sangat umum, tapi terkadang proses pencampuran itu tidak begitu sempurna, terlebih kepekatan antara bahan yang dicampurkan tidak sama, bahkan bentuknya pun berbeda satu padat satu cair.

Umumnya proses pencampuran tersebut menggunakan sendok pengaduk, mengocok dalam botol pencampur, atau yang lebih kreatif lagi mengunakan botol pencampur kecil kemudian diikatkan ke jeruji sepeda lalu diputar, masih juga hasil oplosan belum tercampur dengan rata.

Cara sederhana agar hasil oplosan kita rata yaitu dengan menggunakan 2-3 kelereng atau bola besi bekas kelahar/laher motor. Masukan 2-3 kelereng tadi kedalam botol pencampur, sesuaikan besar botol dengan besar kelereng dengan banyaknya bahan campuran, lalu kocok seperti biasa, mudah - mudahan hasil oplosan kita lebih baik dari sebelum menggunakan kelereng.

Kalau kesulitan mencari kelereng atau laher tadi pakai saja timah pancing yang sebesar kedele atau melinjo ya disesuaikan saja dengan besarnya tempat untuk mencampur.

Trik ini biasanya digunakan oleh pabrik cat semprot untuk meratakan antara cat dan thinnernya.

salam strike!

2 comments:

  1. pm numpang tanya..kl pake bearing reel kira2 bisa gak ya?

    ReplyDelete
  2. pake buat bandul aja biar bisa lempar jauh kalo mancing di arinda :D

    ReplyDelete