Wednesday, January 16, 2013

Kili - kili / Swivel

kili kili
kili kiliKili - Kili atau bahasa kerennya swivel fungsi utamanya adalah menjaga agar senar tidak terpelintir, karena kedua (ketiga) ujungnya bebas berputar. Pada saat kail ada di dalam air atau pada saat kail ditarik ke permukaan senar akan terpelintir terlebih jika kita hookup, tidak pernah ada kejadian ikan terbalik pada saat diangkat ke permukaan selama saya memancing.

Secara garis besar ada 2 jenis kili - kili, pertama tanpa ball bearing seperti gambar pada kiri kanan disamping, dan yang kedua dengan ball bearing seperti gambar yang ada di bawah. Kili - kili tanpa ball bearing terdiri atas barrel swivel, crane swivel, rolling swivel dan box swivel, sedang yang menggunakan ball bearing dikenal dengan ball bearing swivel dan heavy swivel.

Soal harganya ya jelas tanpa ball bearing lebih murah dari yang menggunakan ball bearing, karena dengan teknologi ball bearing perputaran ujung swivel lebih lancar dan swivel juga lebih kokoh.

Penggunaan kili - kili ini tidak harus, beberapa pemancing galatama lele bahkan mengikat langsung kail mereka dengan alasan lebih sensitif tanpa menggunakan kili - kili.

kili kilidiagram kili kili 

salam strike!

No comments:

Post a Comment