Friday, January 11, 2013

Umpan Kleper

kleperKleper, mungkin buat yang baru berkecimpung di dunia galatama lele adalah kosakata baru, sebetulnya ini barang lama, dulu tenar dengan nama getok, otok - otok, atau kalajengkin air disebagian daerah. Sekarang kleper seakan menjadi senjata pamungkas para pemain gatalama lele.
Sebetulnya apasih kleper itu? Kleper adalah larva dari capung baik itu capung jarum atau capung hijau/merah yang sering kita lihat, mereka hidup dalam air, entah itu dikolam, danau atau rawa.

Di alam liar mereka bersarang di dalam kayu - kayu yang terendam, terkadang mereka keluar untuk mencari ikan kecil atau kecebong, sekarang kleper sudah dibudidayakan dengan mengunakan gabus styrofoam sebagai media pengganti kayu, dan dijual seharga 10.000 - 30.000 rupiah per sendok makan, cukup mahal memang, ya kalau mau murah carilah dalam kayu lapuk yang terendam didanau sekitar.

Peternak menggunakan media styrofoam ini agar mudah dalam pengangkutan dan pemanenan, bisa dibayangkan kalau dengan media kayu; berat dalam pengangkutan dan sukar untuk mengeluarkan mereka. Begitu mereka keluar dari sarang mereka apalagi dengan wadah yang sempit mereka mudah sekali mati, jadi kalau kalian ingin menyetok belilah beserta styrofoamnya biasanya dijual perkarung, ya resikonya kita tidak tau berapa banyak kleper dalam media/karung itu.

Cara pemakaian kleper cukup disindik langsung ke mata pancing, atau dapat juga dicampur oplosan favorit masing - masing pemancing.




salam strike!




2 comments:

  1. Saya akui memang mahal tp sebandinglah bagi anglers yg mau olahraga tangan.

    ReplyDelete
  2. pake kleper generik aja aka jangkrik wekekekek

    ReplyDelete