Sunday, February 3, 2013

Pecah Ndase

joran pecah
Pecah ndase, ya itulah yang terjadi pada kepala / ujung joran kesayangan saya pada 2 Februari 2013 kemarin, dan sekali lagi saya dipecudangi saat bertempur di Empang Bimbim / Rawapapan. Semula saya mengira joran saya tidak akan pernah rusak, jadi setiap mancing selalu percaya diri (banget).

Pecahnya ujung joran ini membuat saya penasaran dan mencari tahu dan mendalami seluk - beluk mengenai joran, dan akhirnya saya mengetahui bahwa sebetulnya joran pabrikan itu ada 3 jenis, karbon, fiber, karbon/grafit+fiber yang merupakan gabungan keduanya.

Karakteristik setiap bahan berbeda satu sama lain, fiber murni joran akan elastis, berat dan murah, kemungkinan untuk rusak kecil, sedang dengan bahan karbon joran akan lebih ringan dan  kaku tipe ini rawan banget patah apalagi kalau saung / atap pemancingan pendek, dan yang ketiga adalah gabungan keduanya.

Untuk bahan karbon fiber ini ada beberapa tingkatan / grade, mulai dari IM6, IM7, IM8 dan sebagainya, semakin tinggi angkanya semakin ringan dan mahal, soal kekuatan silahkan anda tes sendiri. Detail mengenai tingkatan ini dapat anda baca di http://www.allfishingbuy.com/Fishing-Rods-Materials.htm

salam strike!

No comments:

Post a Comment